Ads (728x90)

manfaat minyak kelapa murni 150x150 Manfaat Minyak Kelapa Murni
manfaat minyak kelapa murni
Manfaat Minyak Kelapa Murni – Virgin Coconut Oil atau dalam istilah Indonesia disebut minyak kelapa murni merupakan minyak yang diproduksi menggunakan bahan baku kelapa segar. Pada proses pembuatannya dilakukan pemanasan secara terkendali atau juga bisa tanpa pemanasan dan tanpa bahan kimia sama sekali. Minyak kelapa murni bersifat anti bakteri, anti jamur dan antibiotik. Jadi bisa kita simpulkan bahwa manfaat minyak kelapa murni sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh kita.
Pada waktu proses pembuatan harus dipastikan supaya senyawa esensial pada minyak kelapa murni masih dalam keadaan utuh sempurna, salah satu caranya yaitu dengan penyulingan. Dengan proses ini diharapkan agar bisa menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, memiliki kandungan asam lemak bebas dan kadar air yang rendah, harum mewangi, berwarna jernih dan dan bisa bertahan lama sama 1 tahun lebih.
Beberapa keunggulan manfaat minyak kelapa murni:
  1. Biaya yang diperlukan sangatlah murah dan juga bahan baku yang diperlukan sangat mudah didapatkan.
  2. Penggunaan energi yang dibutuhkan sangatlah sedikit karena tidak menggunakan bahan bakar. Hal ini juga memungkinkan kandungan nutrisi dalam minyak kelapa murni tetap terjaga dengan baik khususnya kadar asam lemak.
  3. Proses pengolahan yang tidak sulit dan sangat sederhana.
Salah satu penemuan mutakhir adalah salah satu manfaat minyak kelapa murni bisa dipakai sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermotor. Minyak kelapa memiliki kekentalan hingga 50-60 centi stokes, sementara solar 50 centi stokes. Inovasi ini dilakukan oleh IPB di bagian Departemen Teknik Pertanian. Mereka menggunakan suhu knalpot untuk merubah kekentalan minyak kelapa supaya bisa menyamai kekentalan solar. Temperatur dari gas buang knalpot bisa mencapai 350-360 derajat celcius, maka dari itu dibutuhkan koil sebagai pendingin untuk menurunkan temperatur dari knalpot. Baru setelah itu minyak kelapa bisa dialirkan dari selang ke knalpot dan ke tempat pembakaran mesin diesel.
Pemanfaatan ini disambut gembira oleh para nelayan yang notabene mereka selalu menggunakan mesin diesel untuk keperluan pekerjaan mereka. Proses pengolahan minyak kelapa dengan cara penyulingan sangat menghemat biaya produksi jika dibandingkan dengan kokdiesel, yaitu proses industri yang harganya mencapat 10rb/liter.
Manfaat Minyak Kelapa Murni Untuk Kesehatan
Selain berfungsi sebagai bahan bakar, minyak kelapa juga berkhasiat untuk menghilangkan infeksi bakteri dan jamur. Selain itu juga berfungsi untuk kesehatan kulit. Inilah beberapa manfaat minyak kelapa murni untuk kecantikan dan kesehatan kulit:
  • Minyak kelapa murni dapat dipakai sebagai penyembuh iritasi dan pelembab kulit yang kering.
  • Berfungsi mengembalikan kesehatan rambut yang pecah-pecah dan pelembab kulit kepala yang kering, yaitu dengan cara pijat kulit kepala setelah keramas menggunakan minyak kelapa.
  • Mempersehat dan memperkuat kuku, dengan cara memijat tangan dan kuku dengan minyak kelapa.
  • Berfungsi sebagai deodorant dengan cara mengoleskan pada ketiak, karena minyak kelapa bersifat anti jamur.
  • Menyembuhkan jerawat, dengan cara mengoleskan pada bagian kulit yang terkena jerawat, kemudian diamkan semalam supaya jerawat kempes. Karena jerawat sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri dan sementara minyak kelapa berfungsi anti bakteri.